Keuntungan Utama Investasi Reksadana Bagi Investor Kecil

Iklim dunia investasi di pasar modal Indonesia berubah dimana diprediksikan bahwa akan terjadi penerbitan reksadana yang akan terus meningkat volumenya di masa-masa yang akan datang  dan merupakan salah satu investasi yang menguntungkan. Hal tersebut sangat sejalan dengan pererencanaan dari otoritas bursa untuk lebih berfokus pada kebijakan penjualan retail di pasar modal dengan cara menjaring para investor kecil.
Apakah reksadana lebih cocok bagi investor kecil? Bukankah selama ini yang Anda kenal bahwa pasar modal merupakan salah satu instrumen sistem ekonomi buat para kaum kapitalis, sehingga yang sanggup terlibat di dalamnya ialah hanya mereka yang mempunyai modal besar.
Kalau investor kecil kita definisikan sebagai investor yang mempunyai dana terbatas dan awam dalam dunia pasar modal dan pasar uang, reksadana memang pilihan yang tepat. Mengapa demikian? Karena reksadana sanggup menyediakan dua keuntungan, yang mustahil dimiliki oleh para investor kecil, yaitu:
 di pasar modal Indonesia berubah dimana diprediksikan bahwa akan terjadi penerbitan  Keuntungan Utama Investasi Reksadana bagi Investor Kecil

1. Reksadana Mendorong Pencapaian Skala Ekonomis

Melalui Reksadana menciptakan suatu planning investasi mencapai skala irit (economic of scale), yaitu suatu konsep dalam ilmu ekonomi mikro yang menyatakan bahwa suatu investasi akan lebih efisien dan lebih menguntungkan jikalau sanggup mencapai kapasitas tertentu, hal inilah yang menjadi realita yang sulit untuk dicapai oleh para investor kecil.

Dengan reksadana mereka sanggup mewujudkannya, alasannya ialah dengan dana yang terbatas yang dimiliki oleh para investor kecil, sehabis dana tersebut digabung menjadi satu oleh manajer investasi maka dana tersebut sanggup dipakai untuk melaksanakan suatu investasi dalam skala yang lebih besar.
Dengan adanya investasi yang berskala irit ini memungkinkan mereka mendapat penghasilan yang lebih maksimal, dengan efisiensi biaya. Coba anda cermati kira-kira berapa jumlah dana yang diharapkan jikalau investasi ini dilakukan hanya oleh seorang investor. 
Disamping itu Manajer Investasi biasanya melaksanakan investasi di beberapa sektor perjuangan yang diyakini akan memperoleh keuntungan yang maksimal, hal Ini menjadikan risiko yang lebih rendah akhir adanya penyebaran investasi ini, alasannya ialah jikalau investasi pada alat investasi tertentu mengalami kerugian akan sanggup bisa disubsidi dengan keuntungan dari investasi pada alat investasi yang lainnya.
Bisa Anda bayangkan berapa besar risiko yang akan dihadapi oleh seorang investor jikalau mereka melaksanakan investasi secara pribadi contohnya dalam transaksi pembelian saham, dan hanya terbatas pada saham tertentu saja.

2. Profesionalisme dalam Investasi

Reksadana mengakibatkan profesionalisme dalam berinvestasi alasannya ialah seluruh keputusan investasi ditangani pribadi oleh seorang Manajer Investasi yang sangat berpengalaman.
Jika diasumsikan bahwa seorang investor kecil ialah sebagai investor pemula (belum mengetahui seni administrasi investasi) kemudian mereka diberikan alternatif melaksanakan investasi pribadi ke pasar modal sanggup dibayangkan maka tingkat risiko kerugian yang mungkin terjadi, risiko yang tinggi ini belum tentu diiringi oleh penghasilan yang tinggi pula sebagaimana kaidah investasi yang berlaku umum.
Perusahaan manajer investasi mempunyai tenaga-tenaga profesional dalam bidang investasi. memang inilah bidang kerja dan seorang jago mereka. Dengan membeli reksadana berarti Anda memercayakan sejumlah dana investasi Anda dikelola oleh tenaga profesiosional yang tentunya lebih jago dibanding Anda sendiri.

Namun demikian, perlu Anda perhatikan bahwa dengan membeli raksadana bukan berarti Anda sudah terhindar dari risiko kerugian, ini ialah suatu persepsi anggapan yang sedikit keliru. Bagaimanapun juga bahwa investasi di reksadana tetap mengandung nilai risiko, sebagaimana kaidah umum investasi, di mana ada pendapatan di situ niscaya terdapat risiko. Namun dengan reksadana kita sanggup meminimalisir terjadinya risiko, jikalau dibandingkan Anda terlibat pribadi di pasar modal atau pasar uang.