Ihsg Review 31-01-2015

 ahad terakhir ini pasar banyak melewatkan kesempatan bullish yang cantik IHSG Review 31-01-2015

Dalam 1 ahad terakhir ini pasar banyak melewatkan kesempatan bullish yang bagus. Sayang sekali memang, tapi itu semua bukan tanpa alasan. Di tengah derasnya arus modal yang masuk ke pasar saham kita demi merespon outlook ekonomi Indonesia yang cukup menjanjikan, tiba-tiba harus terhadang dengan kondisi pasar Eropa yang sedang gonjang-ganjing. Alhasil, investor lebih suka menahan diri sambil terus mencari momentum yang benar-benar sempurna untuk masuk. Belum ada insiden yang terlalu luar biasa ketika ini. Pasar masih cukup tenang, walaupun pemerintahan Indonesia sedang diterpa warta politik yang memanas. Tapi belum cukup panas buat ‘membakar’ IHSG. Konflik KPK vs Polisi Republik Indonesia masih sarat dengan politik kepentingan tanpa bersinggungan sama sekali dengan outlook ekonomi ke depannya.

Pada grafik IHSG di atas barulah terlihat bahwa intermediate wave (3) ini akan terpecah menjadi 5 minor wave. Minor wave ini memang sukar diprediksi. Kemunculannya dapat dipakai untuk menghitung kemungkinan kelanjutan wave ini. Target ideal intermediate wave (3) ini ialah 5517, tapi dapat juga lebih. Untuk hitungan konservatif, saya biasa gunakan sasaran yang terdekat dulu. Kalau ternyata ada peluang untuk membentuk sasaran yang lebih tinggi, nantinya akan terlihat tanda-tandanya. Dalam perjalanan menuju sasaran tersebut, ternyata pasar menentukan untuk melewati wave minor. Minor wave 1 dan 2 sudah terlewati dalam ahad ini. Saat ini posisi IHSG berada di Minor Wave 3 of Intermediate Wave (3) of Primary Wave ((3)) of Cycle wave V.

Dari deretan candlestik, saya menandai kemungkinan teladan Bullish Tri Star. Memang posisinya tidak sempurna di bottom, tapi melihat ada volume tinggi sebelum terbentuk open gap down, ada kemungkinan bahwa ini memang Bullish Tri Star.

 ahad terakhir ini pasar banyak melewatkan kesempatan bullish yang cantik IHSG Review 31-01-2015

Ada yang unik di grafik FNBS IHSG di atas ini. Tanggal 28 Januari 2015 kemudian terjadi agresi jual higienis dengan volume yang tidak mengecewakan besar. Aksi jual higienis ini dilakukan sesudah sebelumnya IHSG rally dengan foreign net buy . Ini merupakan cerminan keraguan investor. Padahal IHSG tak kemana-mana. Kemarin gila kembali melaksanakan agresi beli higienis lagi. Walaupun masih relatif kecil dibandingkan volume jual sebelumnya, namun kecenderungan untuk bullish masih tetap lebih besar ketimbang bearish. Hanya saja kita tak dapat berharap terlalu banyak bahwa IHSG akan naik secara spektakuler. Kemungkinan untuk 1-2 tahun ini IHSG akan cenderung bergerak lambat dan mulai akan terakselerasi sesudah itu. Makara ketatkan sabuk pengamanmu. Ada aneka macam goncangan-goncangan yang terjadi di tahun ini, sehingga kita akan mengira bahwa bearish sudah di depan mata, padahal hanya pergerakan IHSG yang sedikit melambat. Disclaimer on.

%d blogger menyukai ini: